Langsung ke konten utama

TRIP BANDUNG 31 DES '17 - 02 JAN '18

Halooo, saya mau cerita trip tahun baruan kemarin ke Bandung. Btw, ini trip pertama saya ke Bandung sendirian biasanya kalau gak dari kantor ya perginya bareng keluarga, ini juga jadi salah satu alasan  saya pilih Bandung selain itu karena dekat dengan Jakarta jadi bisa puas jalan-jalan di liburan pendek.

Persiapan sebelum liburan ke kota Kembang.
Sebenernya gak ada persiapan yang ribet atau khusus, yang perlu disiapin hanya tiket kereta PP (kereta adalah pilihan bijak untuk bepergian saat high season), penginapan, dan pakaian selama disana.

Tiket kereta bisa dipesan 3 bulan sebelumnya, nah buat yang sudah punya rencana langsung deh pesan tiket karena mendekati hari H biasanya tiket habis apalagi musim liburan, seperti yang saya alami awal rencana mau berangkat tanggal 30 Desember, tapi apa mau dikata tiket tanggal segitu sudah full book L ya sudah cari hari berikutnya dan dapat yang pagi dan langsung pesan juga tiket pulangnya biar gak khawatir karena sudah pegang tiket, hehe.

Tiket Kereta

Next, penginapan. Setelah browsing-browsing dan lihat review dari beberapa pengunjung sebelumnya dan mempetimbangkan jarak dari lokasi menginap ke beberapa tempat ikonik di Bandung Kota saya memutuskan menginap di Zbackpacker. Tempatya gak terlalu mudah ditemukan, jadi untuk sampai ke hostel ini masuk ke kawasan PASKAL HYPER SQUARE, nanti ada jejeran ruko dan zbackpacker ini ada di sebelah kanan. Untuk review hostel nanti saya tulis terpisah ya.

Plank Hostel Zbackpacker

Untuk pakaian dikondisikan saja sesuai keperluan.
Oke. Saatnya ke Bandung…

Hari Pertama,
Kereta berangkat dari stasiun Gambir pukul 07.50 pagi sampai di Bandung pukul 11.07 siang. Sampai di stasiun Bandung saya makan siang dulu, di luar stasiun ada penjual makanan warung tenda. Tinggal pilih mau makan di warung yang mana J. Selesai makan saya menuju hostel menggunakan ojek online, gak sabar mau langsung pergi melihat Bandung begitu selesai check-in saya langsung ngeloyor pergi transportasinya masih dengan ojek online ke destinasi pertama, yipiee.

Tempat pertama yang saya kunjungi adalah Museum KAA. Sepanjang jalan berkibar bendera India dan Indonesia dan ternyata sedang ada Festival India Culture Week, tapi sayangnya saya kurang tau saat itu acaranya dimana oke skip. Cuaca saat itu panaaas sekali langsung saya menuju pntu masuk museum. Untuk masuk kita menunggu pintu dibuka oleh petugas museum, menurut saya nih hal tersebut dilakukan untuk membatasi membludaknya pengunjung di dalam museum, jadi yang sedang ada di dalam dapat maksimal mengeksplore. setelah kira-kira cukup waktu dihabiskan di ruang pameran pengunjung akan diarahkan menuju ke ruang konferensi. Selesai dari ruang konferensi kita akan diarahkan keluar museum dekat pintu keluar ada penjual souvenir, bagi yang berminat bisa lihat-lihat dulu.

sedang diadakan India Culture Week (ditandai dengan bendera-bendera India sepanjang jalan)

Jadwal buka

Dasa Sila Bandung

Cuplikan Pidato Bung Karno

Ruang Konferensi

Gong Perdamaian

Ruang Souvenir (Ada mata uang Indonesia lama tapi kurang tahu ini sebagai souvenir atau hanya panjangan)

Begitu keluar museum ada banyak pedagang berjajar yang dijual pun beragam. Infonya sii karena sedang ada event tahun baru kalau hari biasa mungkin tidak seramai saat saya datang kemarin.

salah satu dagangan di belakang museum

Penjual berjajar di jalan belakang museum

Keluar dari museum saya menyusuri jalan yang ternyata mengarah ke arah alun-alun. Jalan sekitar museum sangat terasa KAA sekali, hihi gak jauh dari museum ada bola dunia dan tulisan Konferensi Asia Afrika dan di balik tembok ada nama negara anggota KAA.

Abaikan muka kepanasan saya - di belakang ada nama negara anggota KAA

Lanjut ke alun-alun, disini menurut saya tidak terlalu menarik. Di lapangan sintesis anak-anak bebas bermain, ada beberapa perlatan olahraga juga disekitarnya, juga ada masjid agung Bandung. Infonya ada bus Bandros untuk berkeliling kota bandung disini, tapi saya gak nemu akhirnya saya putuskan kembali lagi ke museum KAA karena cuaca saat itu benar-benar terik. Tempat ini jadi tempat favorit pertama saya di Bandung. Waktu sedang keliling saya lihat ada beberapa stop kontak di belakang monitor gak pake tunggu lama saya langsung charge handphone disana,, aaahhkk tambah suka deh sama museum ini J *kiss* *kiss*. Sambil lihat-lihat koleksi museum batre HP terisi, yess. Tapi sayangnya saya tidak lama disini karena harus berangkat ke gereja untuk ikut ibadah akhir tahun pukul 5 sore.

Monitor informasi (di belakang ada stop kontak untuk charger HP)

Kira-kira jam 3 sore saya keluar dari museum dan order ojek online untuk ke gereja. Tiba di Katedral Santo Petrus masih terlalu awal tapi sudah ada beberapa pegurus gereja yang sudah stand by. Bangunannya besar lokasi, gereja juga mudah ditemukan. Saya masuk lewat pintu samping kanan dari pintu masuk utama setelah sebelumnya ke toilet. Di dalam gereja juga sudah ada beberapa jemaat yang sudah tiba daaann tebak apa yang saya lihat begitu masuk? Yeees stop kontak, hahaha..pertanda apa ini? Begitu masuk saya lihat ada jemaat yang sedang charge HP nya di stop kontak di dinding bangunan yang ternyata tidak hanya satu stop kontak tapi ada 2 dengan mata berbinar-binar langsung charge HP hohoo..terima kasih Tuhan, tau banget sii batre ngedrop :P

ngecharge HP di Katedral

Christmas Tree
Ibadah berlangsung kira-kira 2 jam selesai itu saya memutuskan untuk makan malam sambil mengunjungi tempat ikonik lain di Bandung.

Next destination is Gedung Sate. Masih menggunakan ojek online (Just info guys, selama trip disana perjalanan saya didukung oleh ojek online, hehe). Daaaannn – harusnya sii saya gak heran ya kan akhir tahun – begitu tiba di Gedung Sate itu ruaammee banget yang jalan kaki, jualan, kendaraan lalu lalang, sampe pak polisi banyak bertebarang disekitar Gedung Sate.

Tulisan GEDUNG SATE

Niatnya mau makan sate tapi gak nemu yang jualan jadi saya pilih random aja dan ada penjual yang lumayan rame dikelilingi orang-orang dengan asumsi kalau rame harusnya makanannya enak atau favorit. Jeng jeeng saya pesan lumpia basah, makanan khas Bandung. Ok saya makan makanan khas tempat yang saya datangi *yeees* kapan lagi makan di tempat asalnya langsung. Harganya bersahabat banget di kantong satu porsi yang menurut saya sudah banyak banget itu hanya Rp 10.000. Begitu makanan siap si abang penjual kasih ke saya dan yang saya lihat isinya hanya 2 jenis sayuran toge dan semacam labu sian yang dipotong-potong panjang, oke I’m vegetarian this night dalam hati, hehe. Untuk rasa jujur saya kurang suka apalagi isinya kebanyakan toge *hemf*.

Lumpia basah

Next next kelar makan dan foto-foto sebentar di sekitar Gedung sate, saya memutuskan untuk kembali ke hostel karena mau ikut menyaksikan pesta kembang api terbesar di Bandung. Yep diadainnya di Paskal Food Market yang masih di satu kawasan dengan hostel tempat saya nginep. Berkah akhir tahun.

Jadi nih, perjalanan dari Gedung sate ke hostel yang lagi-lagi pake ojek online gak berlangsung mulus. Bukan masalah di ojek atau drivernya tapi jalanan yang macet parah banget, jadi driver ojek udah puter-puter lewat mana-mana aja tetep ketemunya macet, huakakaka, semangat bang!!
Finally, setelah puter sana sini sampe juga.

Cari makan di Paskal Food Market tapi penuh bangeet, akhirnya cari-cari sekitaran hostel and untungnya masih ada warung yang buka (wajar sii banyak yang tutup karena saat itu udah sekitar jam 11.00 malem), kelar makan balik lagi ke hostel sambil nunggu pesta kembang api mulai.

Food Courtnya Paskal Hyper Square

Salah satu tempat makan di sekitar hostel

Daaann gak lama kemudian satu-satu kembang api meluncur ke langit malam Bandung, makin lama makin meriah..Woohhooo.

Kembang Api malam tahun baru di Paskal

Cukup lama nontonin kembang api saatnya kembali ke kamar and tiduuuurr, hehe.

Hari Kedua,
Tujuan saya di hari kedua ini adalah Rumah Mode. Berdasarkan yang saya baca Rumah Mode ini terkenal banget. Ok meluncur ke sana dan bener kata orang tempatnya enaaak banget, adem, bersih, gak ngebosenin. Keliatan banget kalau di setiap sudut Rumah Mode terawat. Ini jadi tempat favorit saya kedua di Bandung :D. Oh ya disini gak takut capek karena banyak banget disedian tempat duduk.

Di sini saya cuma keliling-keliling aja hoho (gak beli-beli). Serius deh ini tempatnya nyenengin banget TOP deh. Pengen punya rumah model gini (ngarep).

Tempat beli souvenir

salah satu spot tempat duduk

Area toilet (Maan di toliet ada kursi nunggu!)

Lagii..gue nemu stop kontak..haha

Cuaca sudah agak adem saya lanjut ke Teras Cikapundung. Tempatnya apik, cantik, kurang bersih aja (Disini saya gak nemuin tempat sampah, ada tapi di sebrang jembatan di dekat warung). Infonya sii yang terkenal di sini air mancur warna-warni tapi saat kesana sorenya hujan jadi saya putusin pulang saja, hiks kapan-kapan deh kalau ada kesempatan nonton air mancurnya.
Okey, gak pake banyak cerita saya kasih foto-fotonya aja ya.

View Cikapundung

Lokasi air mancur

Terapi ikan

Agaaiin I found stop kontak..thanks Bandung wkaka

Sepanjang sore saya habiskan di kamar hostel sambil cerita-cerita dengan teman baru sampai malam.
Hari terakhir di Bandung saya gak punya planning mengunjungi tempat mana-mana lagi, rencananya langsung ke stasiun beli oleh-oleh dan cetak tiket. Eh tapi karena perkenalan saya dengan teman sekamar yang juga check out di hari yang sama dan akhirnya kita keliling-keliling kota.

Dari hostel kami pergi ke jalan Pasteur untuk beli oleh-oleh, lanjut ke jalan Cihampelas just for sight seeing. Lanjut lagi ke museum KAA (kalau dihitung-hitung 3 kali saya balik ke museum ini hehehe *ketawa sambil nyengir kuda) kalau yang terakhir ini saya mau foto dengan patung Pak Karno (mumpung ada yang fotoin ;p) dan temen saya bilang belum pernah masuk ke dalam jadilah kami berdua masuk kesini dan foto-foto.

Selesai dari museum lanjut lagi ke Braga, dia mau cari toko buku antik di sana, tapi begitu sampai ternyata tokonya sudah tutup 10 hari yang lalu karena pemilik sudah pensiun, sekarang toko itu jadi cafe “TOKO KOPI DJAWA” kami pesan kopi di sana kopinya enak harganya juga gak lebay. Oh ya cafe ini mungil dan instagramable banget, cantik.

New Friends

Braga icon (Maap ya pren aq pakai foto kamu :P)

Toko kopi Djawa

Jam sudah menunjukkan pukul 1 siang dan saya pun diantar sampai stasiun. Waah bener-bener perjalanan yang menyenangkan, seandainya saya gak ketemu teman baru ini mungkin saya hanya sibuk beli oleh-oleh dan anteng nungguin jadwal kereta. Tapi karena ada teman saya masih bisa datangi beberapa tempat di Bandung dan saling tukar cerita. Menurut saya ini poin mengasikkan backpackeran.

“you never really travel alone. The world is full of friends waiting to get to know you” and “traveling alone doesn’y make you lonely / mean you are lonely”.

Thanks Bandung thanks new friend, happy new year.

Postingan populer dari blog ini

(Le Héron) - La Fable - Fable - Fabel

Rumah Tongkonan - Toraja Le Héron Un jour, sur ses longs pieds, allait je ne sais où, Le Héron au long bec  emmanché  d'un long cou. Il  côtoyait  une rivière. L' onde  était transparente ainsi qu'aux plus beaux jours ; Ma  commère  la  carpe  y faisait mille tours Avec le  brochet  son  compère . Le Héron en eût fait aisément son  profit  : Tous approchaient du bord, l'oiseau n'avait qu'à prendre ; Mais il crut mieux faire d'attendre Qu'il eût un peu plus d'appétit. Il vivait  de régime , et mangeait à ses heures. Après quelques moments l'appétit vint : l'oiseau S'approchant du bord vit sur l'eau Des  Tanches  qui sortaient du fond de ces  demeures . Le  mets  ne lui plut pas ; il s'attendait à mieux Et montrait un goût  dédaigneux Comme le  rat du bon Horace . Moi des Tanches ? dit-il, moi Héron que je fasse Une si pauvre  chè

(Le Pont Mirabeau) - Poésie - Poem - Puisi

Reog Ponorogo - Jawa Timur Le Pont Mirabeau Sous le pont Mirabeau coule la Seine  Et nos amours  Faut-il qu'il m'en souvienne  La joie venait toujours après la peine. Vienne la nuit sonne l'heure  Les jours s'en vont je demeure. Les mains dans les mains restons face à face  Tandis que sous  Le pont de nos bras passe  Des éternels regards l'onde si lasse. Vienne la nuit sonne l'heure  Les jours s'en vont je demeure. L'amour s'en va comme cette eau courante  L'amour s'en va  Comme la vie est lente  Et comme l'Espérance est violente. Vienne la nuit sonne l'heure  Les jours s'en vont je demeure. Passent les jours et passent les semaines  Ni temps passé  Ni les amours reviennent  Sous le pont Mirabeau coule la Seine. Vienne la nuit sonne l'heure  Les jours s'en vont je demeure.

Makan Siang Murmer di Kota Kasablanka - Cheap lunch at Kota kasablanka

Mau makan siang dimana hari ini? Biasanya saya dan teman-teman kantor makan siang di UKM (kantin atau bahasa kerennya food court) yang letaknya gag jauh-jauh dari kantor. Nah, siang ini temen ngajakin makan ke Kokas (Kota Kasablanka). What?? Kokas?? Tanggal tua?? Oh noo.. Tapi eits, ternyata ada tempat makan murah meriah di mall Kokas. Lokasinya di dalam mall, adem, bersih, and harga terjangkau. Kalau bisa datang kesini lebih awal karena bakalan rame banget dan bisa-bisa gag kebagian tempat duduk. Cara menuju tempat ini, kamu masuk dari lobby Kokas terus cari carrefour, nah dari depan carrefour belok ke kiri ikutin aja jalan kamu akan nemuin kios-kios kerajinan tangan sepanjang jalan and ketemu deh food court nya :D food court Kokas food court Kokas Lumayan banyak pilihan makanan disini, ada masakan manado, nasi goreng, soto tangkar, pecel, nasi kuning, nasi rames, sate, dan masih banyak lagi. Ini yang saya pesan, nasi kuning + otak-otak + ikan manis peda