Langsung ke konten utama

Trip to Bali 31 Desember – 04 Januari 2019

Sudah lama gak ngerasain liburan, akhirnya saya ngajuin cuti akhir tahun. Liburan kali ini saya memutuskan untuk pergi ke Bali. setelah nge-list tempat-tempat yang ingin saya kunjungi dan memasukkannya dalam list google maps ternyata tempatnya jauh-jauh, haha. Mau gak mau harus dikerucutkan lagi, mengingat saya gak bisa naik motor dan sendirian jadi tempat yang dikunjungi terbatas. Alhasil saya hanya mengunjungi Kuta dan Ubud, padahal awalnya mau ke Uluwatu lihat tari kecak yang dilatari sunset, ke Pura Ulun Danu Beratan di pagi hari, ke Pura Besakih yang besar banget itu, dan masih banyak tempat yang mau dikunjungi, wkkaka maruuk ya. Well, ini tandanya saya harus balik lagi ke Bali untuk kunjungin tempat-tempat itu semua. Hehe.

Oke, balik ke cerita. Jadi saya berangkat dari Jakarta tanggal 30 malam naik Air Asia, sampai di bandara Ngurah Rai jam 2 (harusnya jam 1 sudah sampai, tapi delay) untuk hal ini saya syukuri karena waktu tunggu di Bandara jadi makin singkat, hehe. Sekitar 3 jam nunggu di Bandara, saya pesen grab menuju hostel di daerah Kuta, namanya KAYUN DOWNTOWN HOSTEL. Pesen grab dari bandara ternyata saya harus jalan lagi ke parkiran motor yang ada di luar bandara, disana titik poinnya.

Menuju titik point grabbike:
Dari pintu kedatangan, lurus saja sampai ketemu Solaria (sebelum Solaria) belok kiri arah keluar mobil, di sebelah kanan ada pengerjaan bagunan nah lewatiin aja jalan itu lurus terus sampai ketemu parkiran motor, taraaa sudah sampai.

Yang gampangnya nanya-nanya aja sama orang-orang sana, udah pada tahu kok.
Singkat kata, sampailah saya pagi-pagi di hostel dan masih sepi cuma ada security akhirnya saya titip tas sebelum keliling-keliling sekitaran hostel sambil cari sarapan. Tapi jalanan pagi itu masih sueepi guys, jalan agak jauh saya nemu warung jual bubur ayam Jakarta. Sarapan disana, dan lanjut ke pantai Kuta. Keliling-keliling lagi, balik ke hostel akhirnya jam 10 dikasih check-in, yeiiy.

Just info selama trip ini saya gak sewa motor atau mobil. Jadi pakai jasa ojek online (grab) plus dengan kekuatan kaki, hehe.

Keluar jalan-jalan sebentar karena hari pertama ini gak ada agenda khusus (cielaah agenda, udah kya pejabat aja) jalannya random aja, dari hostel gak jauh kalau mau ke pantai kuta, atau mau belanja-belanja souvenir bisa banget karena sepanjang jalan diisi oleh penjual souvenir. Tapi karena bosen saya balik lagi ke hostel, kenalan sama teman baru, browsing-browsing, bikin konten buat youtube saya (sekalian info ahh, buat yang baca tulisan ini please subscribe youtube saya ya @ranselangin), makasiih.

Sampe siang akhirnya saya mutusin untuk jalan lagi sambil cari makan siang dan karena besoknya mau ke Ubud sekalian cari tahu bus sarbagita yang ke arah Ubud. Yang mau naik bus Perama juga bisa, tempatnya deket banget dari hostel Kayun ini.

Saya ke halte Dewa Ruci, dari sini ada bus Sarbagita yang ke Ubud, nomor bus nya 02.
Foto bus sarbagita

Setelah tau keberadaan bus, saya lanjut main-mainnya. Hari itu panas banget dan udah gak mood mau keliling-keliling kuta akhirnya saya putusin main ke mall aja, yep Beachwalk. Lumayan ngadem, tapi saya gak belanja wong sama aja kya mall di Jakarta, masa jauh-jauh ke Bali belanjanya Zara, dkk. Gak orisinil Bali akh (bilang aja gak punya duit hahaha). Well, keliling-kelilig beachwalk udah terus bingung mau ngapain akhirnya saya balik ke hostel. Udah stay sampe malem.

Malemnya saya keluar bareng temen-temen sekamar, kita cari makan, cerita-cerita, balik hostel, leyeh-leyeh bentar, siap-siap ikut acara kembang api di pantai kuta. Jam setengah 12 saya menuju pantai Kuta jalan kaki, deket kok lewat gang gtu. Gangnya di sebrang monument Bom Bali, lurus aja ikutin orang-orang gak bakal nyasar karena semua orang menuju kesana.

Padet banget guys, semua orang pengen nyaksiin pesta kembang api pergantian tahun. Sampe keringetan boo..
Well, selamat tahun baru 2019. Terima kasih 2018 J
Puas nonton pesta kembang api yang heboh banget, banyakan orangnya dari kembang apinya, wkwkkwk saya putusin pulang aja ke hostel and kejadiannya sama juga, padet boo. Astaganaga..gak bisa bergerak. Huft. Oke begitu cerita saya merayakan tahun baru di Kuta, hehe. Tapi seru sii rame-rame.

HARI KEDUA

Bangun pagi-pagi saya udah siap berangkat ke Ubuuudd.. yeeiiy..
Diperjalanan ini sii yang berkesan banget buat saya, ya capek, sedih, bingung, happy juga, semua deh. Kenapa emang? Ini saya certain.

Jadi gini, kepengentahuan saya mengenai transportasi umum di Bali dan kengiritan saya membuat saya nekat naik bus Sarbagita dari Kuta ke Ubud. Sebelumnya sudah browsing-browsing dan dapet info ada bus Sarbagita (kalau di Jakarta TransJakarta) yang menuju Ubud, tapi hanya sampai terminal Batubulan dan dari sana lanjut naik angkot ke Pasar Ubud. Nah, gampang ya keliatannya. tapi saya sii yang bikin susah sendiri, haha..

Buat yang mau ke Ubud saya kasih saran nih ya, jangan kejadian kya saya yang bisa dibilang nekat banget sii, gak tau medan tapi tetep ngotot naik angkutan umum, hahahaha. Tapi kan jadi pengalaman yang bisa saya bagi sama kalian ya itu poin positifnya.

Infonya benar, gak salah. Saya naik Sarbagita dari halte Dewa Ruci (bisa juga dari Kuta Central) sampai ke terminal Batubulan, maaf waktu tempuhnya lupa ya lumayan lama karena macet juga. Di terminal Batubulan memang ada beberapa angkot, sepertinya memang angkot itu yang menuju Ubud, tapi gak ada satupun penumpang! Padahal ada beberapa orang yang turun dari bus Sarbagita tapi mereka ambil arah masing-masing, ada bapak-bapak yang nawarin ojek tapi karena saya takut dia scam, kasih harga mahal saya pergi ke Indomart persis di sebelah terminal, maksudnya mau pesan grab disana sampai ke hostel saya di Ubud. Setelah cek harga ternyata mahal juga (lebih mahal dari harga naik bus Perama), tapi gak ada angkutan umum jadi saya memutuskan untuk pesen grabnya setengah perjalanan, nanti dari tempat saya berhenti pertama saya pesen grab lagi. Pikir saya semudah itu.

Oke, setelah kira-kira setengah jam saya order akhirnya ada yang pick up. Mas-mas baik banget. Dia bilang disini memang gak ada angkutan umum, grab atau gojek juga jarang-jarang soalnya dilarang beroperasi. Huft pantesan lama dapetnya. Singkat cerita sampailah saya di pemberhentian pertama (Hotel Sthala) dari sini sesuai rencana saya order grab lagi ke penginapan di Ubud. Tadinya mau pakai aplikasi grab now tapi karena gengsi (makan tuh gengsi, jadi merana deh saya gara-gara salah strategi) saya biarin abang grab nya pergi terus baru saya pesen lagi and you know what? Saya gak dapet grab!

Yaiyalah daerah situ perkampungan gak ada bus juga. Mate gw!. Dan hujan pun turun..merana banget kan. Mana sepanjang jalan gak ada orang, ada beberapa toko tapi tutup, yaampuun pengen balik ke Kuta tapi gimana caranya, mau lanjutin ke Ubud juga gak ada transportasi. Pengen nangis banget disitu.

Setelah ujan agak reda, ada bapak-bapak yang nanyain saya mau kemana, soalnya dia lihat saya daritadi mondar-mandir kya orang bingung. Hiks sedih saya tuh. Saya certain ke bapak it uterus minta tolong dianter ke Ubud, dia gak bisa karena jaga bengkel sendiri dan disana gak ada tempat persewaan motor atau mobil. Kalau tadinya ada kan bisa minta tolong dianterin. Tapi ini gak ada men.

Disamping bengkel tempat saya berteduh itu ada tempat wisata kopi Luwak, saya tanya ke bapak tadi dia bilang coba saja kesana mungkin ada yang bisa antar. Oke, disana ada beberapa orang berseragam yang bekerja di Luwak Coffee, salah satu dari mereka langsung menghampiri saya dia pikir saya mau wisata kesana, terus saya jelasin dan minta tolong diantar ke Ubud.

Singkat cerita bosnya kasih ijin salah satu karyawannya antar saya (disini saya bersyukuurr banget berterima kasih sekali).

Sedikit cerita tentang LUWAK COFFEE, Kalau teman-teman ada yang pergi wisata ke tempat ini (truly recomended) disini gak ada biaya masuk alias gratis tapi pengalamannya luar biasa, kita dikasih liat proses kopi luwak dari awal sampai jadi kopi yang siap seduh. Disini juga kita dikasih tester 14 jenis kopi dan teh. Ada juga toko yang menjual kopi dan souvenir lainnya. Tapi tolong setelah selesai tour teman-teman kasih tip ke tour guidenya, karena mereka gak akan minta kalau kita gak kasih. Ini kejadian sendiri sama saya, sampai selesai tour dan pergi dari sana saya gak kasih apa-apa ke mbak yang guide-in saya, yaampuunn.

Sambil jalan mas yang anterin saya cerita banyak, tentang tempat dia kerja yang sistemnya memang begitu, gak ada biaya masuk dan penghasilan mereka gak banyak kalau pun ada bonus ya dari tip atau dari hasil penjualan kopi atau souvenir, tentang pilihan dia kerja disana sampai tujuan hidup dia kedepannya, banyak deh ceritanya J.

Akhirnya saya sampai di penginapan saya di Ubud, setelah kasih ongkos yang gak seberapa dibandingin kebaikan mereka (situasi ini membuatku mellow). Saya masuk hostel dan beres-beres.
Tujuan saya pertama disini adalah cari tempat bus Perama untuk pulang ke Kuta besok hari. Setelah kejadian itu saya putusin naik yang pasti-pasti aja, haha.
Disini juga sama saya gak sewa motor, jalan kaki saja bisa kok keliling-keliling ubud. Kebetulan hostel saya dekat kemana-mana. Selesai beli tiket bus saya jalan-jalan ke tempat-tempat yang udah saya save sebelumnya di google maps.

Gak banyak tempat yang saya kunjungi sore itu, hanya ke Perama Tour dan jalan-jalan ke Puri Saren Ubud sebentar. Pulang ke hostel mandi tidur. Capek boo.

Besoknya pagi-pagi sebelum check out, saya udah siap-siap explore Ubud. Ubud di pagi hari sepi banget. Terlihat anak-anak sekolah beramai-ramai membawa sapu lidi dan alat-alat kebersihan lainnya. Tapi gak ada yang bisa dilihat pagi hari di Ubud, pura belum buka, museum juga, mau ke Champuhan jalannya turunan gak berani, hahaha.

Akhirnya balik ke hostel, sarapan, mandi, beres-beres, terus pergi lagi. Singkat cerita selama di Ubud, saya mengunjungi Puri Saren Agung, Pura Saraswati, Museum Antonio Blanco, keliling-keliling pasar. That’s all. Karena perginya jalan kaki, banyak sii yang bisa dilihat. Seru juga.

Jam check out hostel jam 11, tapi saat itu saya masih asik explore museum Blanco, sayang rasanya gak total explore haha. Toh ransel sudah saya beresin tinggal angkat aja. Kira-kira jam 1 saya kembali ke hostel dan tas saya udah dipindahin donk ke tempat tidur lain..hahaha, dan tempat tidur saya sebelumnya udah diisi traveler lain padahal sepengamatan saya tempat tidur lain kosong loh. Ydah I don’t care. Saya angkat tas masih numpang duduk sambil charge HP. Pikir saya masih kepagian untuk langsung ke Perama. Tapi gak lama saya pergi juga pikir saya sekalian cari makan siang.

Well, jam 3 sore bus datang kita semua langsung naik. Sayonara Ubud sampai jumpa lagi.
Sampai lah saya di Kuta (lagi) naik grab sampai ke hostel (lagi) yes selama di Bali saya nginepnya di hostel. Eiittss, jangan salah hostel disini bersih-bersih, modern, fasilitas oke, gak kalah deh sama hotel. Buat traveler solo tempat menginap seperti ini sangat membantu. Semoga tempat wisata lain di Indonesia punya penginapan model dormitory juga ya, biar solo traveler backpacker kya saya gak berat diongkos penginapan, hehe. Amiin.

Lanjuuut, setelah sampai di hostel ketiga namanya Borough Hostel. Tempatnya kece asli. Yang kurang itu tempat ngumpulnya sempit. Overall semua oke.

Hostel ini dekat banget ke Pantai Legian, bisa banget ditempuh dengan jalan kaki. Malah kalau naik motor jalannya muter. Kalau depan Borough hostel ada Osstel hotel, di sampingnya ada gang, nah kita susuri gang itu, di ujung gang kita udah sampe di pantai..taraaa.

Dua hari terkahir saya di Bali, gak banyak pergi-pergi. Cuma keliling kuta cari-cari oleh-oleh. Setelah keliling pasar dan pedagang kaki lima, saya putusin untuk ke Khrisna. Yep pusat oleh-oleh Bali. hari itu saya ke Khrisna yang di Sunset Road. Disini luar biasaaaa. Lengkap harganya juga terjangkau, gak bisa nawar memang tapi harganya masuk akal kok.

Hari terakhir saya juga ke Khrisna tapi yang di Tuban, wah kalau kejadian ini secara gak sengaja sii. Waktu order grab dari hostel tempat saya menginap langsung ketik aja. Gak taunya beda cabang, hehe. Tapi lebih dekat ke bandara, yeiiy.

Masuk Khrisna, saya titip tas segede gaban dan plastik kresek oleh-oleh kemarin. Terus lanjut belanja? Oh tidak saya isi perut dulu. Hahaha. Saya cari tempat makan dekat Khrisna dan ketemu lah rumah makan ayam taliwang. Tapi tempat ini gak saya rekomendasikan sii kalau kalian jalan sendiri. Karena harganya mahal boo. Ini tempat makan termahal selama di Bali, haha. Gampang nemuin tempat ini, dari pintu masuk Khrisna belok kiri lurus aja sampe ketemu rumah makan gede.

Oke selesai makan balik lagi ke Khrisna, beli oleh-oleh titipan orang rumah. Selesai belanja saya minta barang belanjaan dibungkus kardus biar rapi. Kalau pakai kardus ada tambahan biaya 10.000. tapi worth it lah ya. Kardunya juga bagus kok.

Santai-santai sebentar, karena hari masih siang sementara pesawat saya berangkat malam. Haha. Gak lama saya putusin untuk langsung aja ke Bandara dan istirahat disana aja. Well, lagi-lagi pesen grab, jaraknya gak jauh dari Khrisna Tuban ini. Sampe di bandara bawa-bawa tentengan saya duduk-duduk nunggu jam berangkat. Agak sore saya ke warung makan Jawa, atas rekomendasi temen yang ketemu di bandara. Tempat makan ala supir katanya sii, ya jelas banyak supir yang makan disini. Haha. Harganya murah, enak juga.

Selesai makan, balik lagi ke bandara, nothing much to do. Check-in. wuss fly to Jakarta. Sampai jumap lagi Bali. selamat Tahun Baru.

Sekian cerita saya solo traveling ke Bali.

Happy Traveling!

Postingan populer dari blog ini

(Le Héron) - La Fable - Fable - Fabel

Rumah Tongkonan - Toraja Le Héron Un jour, sur ses longs pieds, allait je ne sais où, Le Héron au long bec  emmanché  d'un long cou. Il  côtoyait  une rivière. L' onde  était transparente ainsi qu'aux plus beaux jours ; Ma  commère  la  carpe  y faisait mille tours Avec le  brochet  son  compère . Le Héron en eût fait aisément son  profit  : Tous approchaient du bord, l'oiseau n'avait qu'à prendre ; Mais il crut mieux faire d'attendre Qu'il eût un peu plus d'appétit. Il vivait  de régime , et mangeait à ses heures. Après quelques moments l'appétit vint : l'oiseau S'approchant du bord vit sur l'eau Des  Tanches  qui sortaient du fond de ces  demeures . Le  mets  ne lui plut pas ; il s'attendait à mieux Et montrait un goût  dédaigneux Comme le  rat du bon Horace . Moi des Tanches ? dit-il, moi Héron que je fasse Une si pauvre  chè

(Le Pont Mirabeau) - Poésie - Poem - Puisi

Reog Ponorogo - Jawa Timur Le Pont Mirabeau Sous le pont Mirabeau coule la Seine  Et nos amours  Faut-il qu'il m'en souvienne  La joie venait toujours après la peine. Vienne la nuit sonne l'heure  Les jours s'en vont je demeure. Les mains dans les mains restons face à face  Tandis que sous  Le pont de nos bras passe  Des éternels regards l'onde si lasse. Vienne la nuit sonne l'heure  Les jours s'en vont je demeure. L'amour s'en va comme cette eau courante  L'amour s'en va  Comme la vie est lente  Et comme l'Espérance est violente. Vienne la nuit sonne l'heure  Les jours s'en vont je demeure. Passent les jours et passent les semaines  Ni temps passé  Ni les amours reviennent  Sous le pont Mirabeau coule la Seine. Vienne la nuit sonne l'heure  Les jours s'en vont je demeure.

Makan Siang Murmer di Kota Kasablanka - Cheap lunch at Kota kasablanka

Mau makan siang dimana hari ini? Biasanya saya dan teman-teman kantor makan siang di UKM (kantin atau bahasa kerennya food court) yang letaknya gag jauh-jauh dari kantor. Nah, siang ini temen ngajakin makan ke Kokas (Kota Kasablanka). What?? Kokas?? Tanggal tua?? Oh noo.. Tapi eits, ternyata ada tempat makan murah meriah di mall Kokas. Lokasinya di dalam mall, adem, bersih, and harga terjangkau. Kalau bisa datang kesini lebih awal karena bakalan rame banget dan bisa-bisa gag kebagian tempat duduk. Cara menuju tempat ini, kamu masuk dari lobby Kokas terus cari carrefour, nah dari depan carrefour belok ke kiri ikutin aja jalan kamu akan nemuin kios-kios kerajinan tangan sepanjang jalan and ketemu deh food court nya :D food court Kokas food court Kokas Lumayan banyak pilihan makanan disini, ada masakan manado, nasi goreng, soto tangkar, pecel, nasi kuning, nasi rames, sate, dan masih banyak lagi. Ini yang saya pesan, nasi kuning + otak-otak + ikan manis peda